Seminar Internasional AICIEBP 2023 Terlaksana dengan Sukses oleh Prodi MBS

Prodi MBS Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) mengadakan kegiatan The 2nd ANNUAL International Conference in Islamic Economics, Business and Philanthropy (AICIEBP) pada Selasa, 31 Oktober 2023 yang bertempat di Perpustakaan Lt. 4 IAIN Kediri. Narasumber pada seminar ini yaitu Amnisuhailah binti Abrahan selaku Deputy Dean dari Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam, Asst. Prof. Mohamadaree Waeno selaku Ketua dari ASEAN Center di Indonesia, Prof. Muhamad Nafik Hadi Ryandono selaku Kepala Startup BPBRIN, dan Fatmah dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tema yang diusung pada seminar ini yaitu “Buliding the Network, Opportunities and Challenges Toward the Future World Economics Sharia Center”. Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Rektor IAIN Kediri kemudian penyampaian materi yang pertama tentang kolaborasi bisnis syariah dengan institusi finansial oleh Asst. Prof. Mohamadaree Waeno. Dalam penjelasannya, beliau mengatakan bahwa bersedia menjalin kerja sama bilateral antara IAIN Kediri dengan Malaysia.

Selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Amnisuhailah binti Abrahan yang disampaikan dari Burenai Darussalam melalui zoom. Dalam pemaparannya terkait hubungan ekonomi syariah dengan pembangunan berkelanjutan sebagai fondasi masa depan. Penyampaian materi selanjutnya diberikan oleh Prof. Muhamad Nafik Hadi Ryandono yang menjelaskan tentang transformasi ekonomi islam yang semula kompetisi bisnis lalu berubah menjadi bisnis ta’awun.

Penyampaian materi terakhir oleh Fatmah dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Topik yang dipaparkan terkait integritas prinsip syariah pada bisnis dan kontirbusinya terhadap pembangunan berkelanjutan. Berkaitan dengan hal ini, beliau mengatakan bahwa sebagian pengusaha kadang kala menuturkan, “Selagi usaha itu tidak bertolak belakang dengan al-qur’an dan sunnah, tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri namun bermanfaat pula untuk orang lain.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *